Selasa, 26 April 2011

APLIKASI KOMUNIKASI DATA

APLIKASI KOMUNIKASI DATA
FTP FileZilla
FileZilla merupakan salah satu open source software yang berguna untuk urusan transfer file. Sejak pertama kali melakukan instalasi WordPress saya semakin familiar menggunakan FileZilla untuk urusan transfer file dan plug in. Ini bukan karena FileZilla support dengan bahasa Indonesia, melainkan karena pengoperasiannya mudah dilakukan. FileZilla merupakan Blogging Tools dalam blogging file upload yang prinsip kerjanya hampir sama dengan Explorer. di Windows. Bisa dengan cara copy paste, atau dengan cara drag and drop dari asal ke tujuan transfer file.
SmartFTP
SmartFTP memungkinkan anda untuk men-transfer file melalui internet. Fitur-fiturnya seperti Explorer, tampilan antar muka yang dapat disesuaikan, dan men-support fungsi drag-and-drop. Anda tidak perlu merasa khawatir terhadap gangguan apapun atau dengan multipane Windows Explorer seperti tampilan antar muka, disini anda adapat mengatur toolbar dan windowpane sesuai kesukaan anda. Selengkapnya di web saya http://i-raka.net
PuTTY
PuTTY merupakan aplikasi untuk melakukan remote login ke komputer lain melalui jaringan dengan menggunakan protokol Telnet atau SSH.
Jadi kita bisa memerintahkan komputer nun jauh di sana seolah-olah komputer itu berada di depan kita.
Yahoo! Messenger
Yahoo Messenger (YM) merupakan aplikasi chat yang digunakan banyak orang. banyak orang yang tahu kalau YM itu hanya bisa digunakan untuk chating dan mengetahui email masuk saja. tapi sebenarnya masih banyak fungsi YM tersebut. disitu kita bisa mendengarkan musik, bermain game dari yahoo, mengetahui cuaca, dan masih banyak lagi.
RealVNC
VNC (Virtual Network Computing) merupakan program dalam kategori yang aman serta bersahabat dengan Antivirus baik lokal maupun Interlokal. kelebihan dari program ini yaitu dapat bekerja di beberapa operating system yang berbeda. contohnya, agan dapat mengakses komputer di rumah yang terkoneksi dengan internet dan memiliki Operating Windows ketika agan berada di kantor yang menggunakan linux, atau sebaliknya.
WinSCP
WinSCP adalah sebuah SFTP client dan FTP client bersumber terbuka yang dapat anda dapatkan secara gratis. Aplikasi ini dibuat khusus untuk pengguna Windows. Aplikasi ini juga mendukung protokol SCP warisan.
Fungsi utama dari aplikasi WinSCP ini adalah menyimpan duplikat file-file antara komputer lkal dan komputer remote.
Aplikasi ini dikemas juga dalam bentuk aplikasi portabel, sehingga anda dapat memasukkannya ke dalam driver portabel. Hal tersebut memungkinkan anda untuk membawanya kemanapun anda mau. Dengan begitu anda juga dapat memakainya di komputer manapun tanpa harus mengulang instalasi.
Dengan melihat kegunaan dari komunikasi data maka perannya dalam beberapa hal cukup menonjol misalnya:
  • Pengumpulan data (data collection)
Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), disimpan dalam memory dari komputer dan pada yang telah ditetapkan waktu tertentu data tersebut akan diolah. Data dapat juga secara real time diberikan pada komputer pengolah data.
  • Tanya -jawab (Inquiry & Response
Pemakai mempunyai akses langsung ke program atau file. Data yang dikirimkan ke sistem komputer ini langsung di-proses dan hasilnya segera dapat diberikan. Bilamana pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interactive.
Contoh:-
Aplikasi yang berhubungan dengan Point of Sales (Pembayaran di pertokoan), pesanan tiket pesawat terbang (Airline Reservation) dan sebagainya. Pada aplikasi ini data segera diberikan kepada komputer dan hasil proses diperoleh dalam waktu yang singkat juga.
  • Storage dan Retrieval
Data yang sebelumnya telah disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Sekarang bahkan terdapat sistem penyimpanan yang mendukung penyimpanan data di luar lokasi fisik perusahaan karena teknik komunikasi dasa memungkinkan terjadinya hal seperti ini. SAN (Storage Area Network) adalh contoh penyimpanan informasi melalui jaringan.
  • Time sharing
Sejumlah pemakai (user) dapat mengerjakan programnya bersama-sama. Tiap user diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan.
  • Real time data processing dan process control
Hasil proses dikehendaki siap dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (“real time”). Contoh: aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar